Friday 14 August 2015

Putri Cui Zhi Mencari Ikan



Putri Cui Zhi Mencari Ikan

Pada masa Dinasti Song, Cui Zhi memiliki seorang putri, sifatnya berbakti. Pada waktu musim dingin, ibundanya yang dikarenakan sudah lama sakit-sakitan, ingin makan ikan segar. Tetapi permukaan air sungai sudah membeku, menjadi lapisan es yang tebal.      

Karena dalam waktu seketika tidak berhasil membeli ikan, putri dari Cui Zhi ingin meniru kisah Wang Xiang yang mencari ikan dengan cara merebahkan dirinya di atas permukaan es sehingga lapisan es mencair dan berlubang. Abang dan adiknya berusaha menghalanginya, menyuruhnya agar jangan bertindak sedemikian.  

Putri Cui Zhi berkata : ”Abang, apakah karena saya adalah seorang perempuan, maka ditakutkan tidak mampu melakukannya?”

Kemudian dia menulis selembar surat pemberitahuan lalu membakarnya, untuk menyampaikannya pada Langit. Lalu dia berangkat bersama pengasuhnya ke tepi sungai.

Dia melepaskan bajunya, memecahkan lapisan es permukaan sungai. Kemudian dia masuk ke dalam sungai, meraba-raba akar rerumputan di dasar sungai. Demikianlah setelah sepuluh hari berlalu, dia memperoleh tiga ekor ikan. Dia membawa ikan-ikan tersebut pulang dan mempersembahkannya kepada ibundanya.

Ada orang yang bertanya padanya : “Kamu masuk ke dalam air, apa tidak takut kedinginan?”

Putri Cui Zhi berkata : ”Karena tekadku sudah bulat, maka kekuatanku juga penuh, sehingga tidak merasa dingin sama sekali”.