Friday 14 August 2015

Li Yuan Menepati Janji



Li Yuan Menepati Janji

Pada masa Dinasti Tang terdapat seorang yang bernama Li Yuan. Dia bersahabat dengan seorang Bhiksu yang bernama Yuan Guan. Ketika Yuan Guan menghadapi ajalnya, mengadakan perjanjian dengan Li Yuan.  12 tahun kemudian pada festival pertengahan musim gugur, saat malam bulan purnama, di Vihara Tian Zhu, Hangzhou, mereka akan bertemu lagi.  

Ketika hari tersebut tiba, Li Yuan menuju Vihara Tian Zhu untuk menepati janjinya. Pada saat itu bulan sedang purnama, cahaya bulan memenuhi permukaan air Danau Xihu, ibarat berada di dunia lazuardi. Tetapi harus ke mana baru bisa bertemu Bhiksu Yuan Guan.

Li Yuan yang merasa agak kesulitan, tiba-tiba mendengar suara anak gembala yang sedang duduk di atas punggung kerbaunya, sambil bernyanyi dia menuju ke arahnya. Ketika anak gembala itu sampai di depan pintu vihara, Li Yuan memastikan bahwa anak gembala itu adalah tumimbal lahir dari Bhiksu Yuan Guan.

Li Yuan bertanya : “Yuan Guan, apakah selama ini anda baik-baik saja?”  

Yuan Guan menjawab : “Anda benar-benar orang yang menepati janji, tetapi anda dan saya telah berada di jalan yang berbeda, maka itu tidak perlu menyambut diriku. Semoga anda tidak malas melatih diri, maka kelak kita akan bersua lagi”.

Setelah menyelesaikan ucapannya, sambil menyanyikan lagu anak gembala itu berjalan pergi.