Friday 14 August 2015

Cai Shen Membuka Lumbung Padi



Cai Shen Membuka Lumbung Padi

Pada masa Dinasti Song ada seorang yang bernama Cai Shen, merupakan kandidat yang lulus seleksi mengikuti ujian negara, dia juga pernah menjabat sebagai doktor di Perguruan Tinggi Kekaisaran. Selanjutnya dia diangkat menjadi hakim di empat daerah antara lain di Zhenzhou, Raozhou, Xuzhou dan Chuzhou.

Ketika berada di Zhenzhou, terjadi kebakaran yang melalap lebih dari seribu rumah. Korban kebakaran tidak mempunyai rumah yang bisa dihuni lagi. Hanya bisa tinggal di alam terbuka di atas permukaan tanah bersalju. Sepanjang jalanan dipenuhi oleh suara tangisan lansia dan anak-anak yang terdengar begitu memprihatinkan.   

Cai Shen memerintahkan untuk membuka vihara dan kelenteng untuk umum, memberi tempat bagi para korban kebakaran untuk berteduh, bahkan kantor pemerintah juga dibuka untuk tempat tinggal para korban kebakaran.

Selain itu dia juga membuka lumbung padi untuk menolong para korban. Mulanya pejabat pengurus lumbung tidak sudi membukanya, tetapi Cai Shen berkata : “Ini adalah persediaan yang dipersiapkan oleh negara, yang digunakan bila terjadi bencana. Sekarang adalah waktunya digunakan. Jika harus disalahkan, maka saya sendiri yang akan menanggungnya.”

Kemudian persoalan ini dibawa hingga ke hadapan kaisar. Pihak istana mengampuni Cai Shen dan tidak mengajukan pertanyaan padanya. Lalu dia dipindahtugaskan ke Chuzhou dan Hezhou menjadi gubernur.