Thursday 13 August 2015

Hati Seorang Perdana Menteri



Hati Seorang Perdana Menteri

Pada masa Dinasti Zhou, di Negara Chu terdapatlah seorang yang bernama Dou Bo-bi, putranya yang bernama Dou Zi-wen berhasil menjadi perdana menteri Negara Chu. Ketika menghadiri rapat resmi di istana, dia mengenakan pakaian resmi yang terbuat dari kain hitam, sedangkan di rumah mengenakan pakaian yang terbuat dari kulit rusa.

Setiap hari kala mentari terbenam barulah pulang ke rumahnya untuk makan. Siang malam harus menangani dan mengkhawatirkan urusan Negara Chu. Melihat Zi- wen yang selalu lupa makan, maka setiap kali pada rapat pagi, Raja Chu akan mempersiapkan bahan makanan buat Zi-wen, atau memberinya gaji, Zi-wen akan menghindar jauh-jauh.  

Zi-wen diangkat menjadi perdana menteri sebanyak tiga kali, juga dibebastugaskan sebanyak tiga kali. Selama tiga kali menduduki jabatan ini, di wajahnya tidak tampak kegembiraan. Sebaliknya selama tiga kali dia dibebastugaskan, di wajahnya juga tidak tampak kerisauan.

Setiap kali ketika dibebastugaskan, saat serah terima jabatan, Zi-wen selalu menjelaskan secara panjang lebar tentang tugas dan pengalamannya kepada perdana menteri yang baru, tindakannya ini telah mengundang pujian dari Konfusius pada kesetiaannya.