Friday 14 August 2015

Lan Gen Membebaskan Gadis Jelita



Lan Gen Membebaskan Gadis Jelita

Pada masa Dinasti Wei Utara (386-534), ada seorang yang bernama Wei Lan-gen. Jenjang pendidikannya tinggi, juga amat berbakat. Setelah ayahnya meninggal dunia, dia mendirikan sebuah gubuk di samping kuburan ayahnya dan tinggal di dalamnya untuk menjalani masa perkabungan. Kesedihannya yang amat mendalam, tangisannya hampir merusak kesehatannya sendiri.

Kemudian dia  menjadi Gubernur Provinsi Qizhou. Pada saat itu, Xiao Bao-yin membawa pasukan prajurit menyerang kota di Wanchuan. Lalu menangkap sepuluh gadis cantik untuk dipersembahkan kepada Wei Lan-gen.

Wei Lan-gen berkata, kota ini oleh karena dikuasai gerombolan bandit, maka itu penduduk terpaksa menunduk pada para bandit tersebut untuk menyelamatkan diri masing-masing.

Penduduk selalu berharap agar pasukan prajurit segera tiba untuk menyelamatkan nyawa mereka, begitu pasukan prajurit tiba, seharusnya mengasihani mereka dan bahkan juga memberi ganti rugi bagi para penduduk yang terluka.

Mengapa malah meniru perbuatan para bandit, melakukan tindakan yang menindas rakyat, sekarang pergilah mencari ayahbunda dari masing-masing gadis jelita ini. Lalu minta mereka membawa pulang putri mereka.


Moralitasnya yang begitu bajik dan benar sehingga kemudian Wei Lan-gen diangkat menjadi bangsawan di Kabupaten Yongxing.