Friday 14 August 2015

Dao-shou Mempersembahkan Tongkat



Dao-shou Mempersembahkan Tongkat

Pada masa Dinasti Yuan, ada seorang bernama Xiao Dao-shou. Ibundanya telah berusia 80 tahun. Dia menjaga sang bunda dengan segenap hati.

Setiap pagi ketika ibundanya bangun, dia bersama istrinya akan mengurus ibunda mencuci muka dan menyisir rambut. Setiap tiba waktu makan, mereka akan menunggu setelah ibundanya selesai makan, barulah mereka memulai makan.  Saat malam tiba, harus menanti setelah sang bunda tertidur barulah mereka tidur.

Kadang kala ketika ibundanya sedang marah dan ingin menghukum dirinya, maka Dao-shou dengan sendirinya akan mengambil tongkat dan menyerahkannya kepada bundanya. Dao-shou akan berlutut di lantai menahan pukulan. Selesai dipukuli, dia takkan berani berdiri kembali, sampai bundanya menyuruhnya berdiri, barulah dia berani bangkit.


Setelah berdiri, Dao-shou akan bersujud pada ibundanya, berterimakasih atas hukuman yang diberikan karena telah melanggar didikan sang bunda. Lalu dia akan berdiri di samping ibundanya hingga emosi sang bunda reda dan wajah sang bunda tampak gembira, barulah dia berani pamit dan beranjak pergi.